https://jahenos.files.wordpress.com/2012/08/jesus252clethimin.jpg?w=225

Saudara…..kita tahu bahwa tujuan injil Markus adalah proklamasi khabar baik tentang kemenangan Allah atas kuasa jahat dan kemenangan itu terwujud dalam kehadiran Yesus Kristus dan berlaku untuk seluruh dunia. Yesus sebagai hamba yang setia di dalam kasih dan pelayanannya.Sebagai umat percaya dipertanyakan kepada kita, apakah nilai-nilai kesetiaan dalam kasih  dan pelayanan kita sudah meneladani  karakter Yesus atau justru kita lebih senang dikasihi dan dilayani orang lain?

Saudara…. Saya senang kalau di berbagai kantor pemerintahan dan swasta begitu terpampang tulisan  di depan kantornya  yang mengatakan: kami siap melayani anda, kami ada untuk anda.Kami adalah wakil rakyat, mensejahterakan rakyat. Benar kah wakil rakyat atau melayani rakyat atau justru memeras rakyat dan melayani diri sendiri?

Motto kami  siap melayani 24 jam. Bahkan banyak kantor yang membuat visi dan misinya sangat luar biasa hebat dan agungnya,  tetapi benarkah motto, visi dan misi tadi terwujud dalam pelaksanaanya di lapangan? Saya kira, kitalah yang menilainya.

Saudara…Yesus pada saat itu menyembuhkan ibu mertua Petrus dan  banyak orang sakit yang  lain  sekaligus mengusir setan.Yesus tidak hanya menunggu di rumah ibadat atau sinagoge, tetapi ia pergi  bersama Yakobus dan Yohanes. Setelah ia mendapat laporan dari  orang lain maka ia peduli (care), dan segera turun tangan. Setibanya di rumah mertua Simon, Yesus memegang tanganNya dan membangunkan dia, maka lenyaplah demamnya. Pertemuan dengan Yesus dan sentuhan tanganNya yang kudus mengalir kuasa yang menyembuhkan. Dan akibat kesembuhan yang diterimanya, ia spontan memberikan reaksi untuk melayani Yesus  sesuai dengan kemampuan yang ada padanya. Reaksi yang baik dan perlu untuk ditedani, tidak seperti sebagian orang, sudah dilayani atau di tolong, tetapi ia lupa atau pura-pura lupa akan pertolongan orang lain.Bahkan ada juga  seperti menolong anjing terjepit, sesudah ditolong, ia kemudian menggigit orang yang menolongnya. Ini namanya tidak tahu berterima kasih.

Saudara… berita penyembuhan yang dilakukan Yesus ini begitu cepat tersebar dari mulut ke mulut ke berbagai tempat, sehingga menjelang malam sesudah matahari terbenam semua orang sakit dan kerasukan setan dibawa kepada Yesus.Seluruh penduduk kota berkerumum di depan pintu dimana Yesus  berada.Pada saat itu semua orang yang sakit dan kerasukan setan  sehat dan  sembuh semuanya. Sangat luar biasa bukan? Tanpa menunggu waktu lama, tanpa membayar biaya pengobatan apalagi menebus obat resep dokter yang mahal-mahal, tetapi pada saat itu juga sembuh dan setan-setan yang ada dalam tubuhnya diusir oleh Yesus.Dengan kata lain perjumpaan dengan Yesus membawa kesembuhan dan kesehatan  yang tidak ternilai harganya. Disinilah kuasa dan kebesaran Yesus yang melebihi dari dokter-dokter duniawi.

Saudara…..Yesus sumber kesembuhan baik kesembuhan fisik  maupun kesembuhan psikis bahkan kesembuhan dari kuasa-kuasa kegelapan atau okultisme. Orang yang datang kepada Yesus mendapatkan kesehatan jasmani dan rohani. Pertanyaan dan renungan bagi kita adalah, ketika kita sakit atau keluarga kita sakit apakah kita bawa kepada Yesus di dalam doa melalui tangan-tangan para medis, dokter dan suster yang dipakai Tuhan sebagai alatnya? Atau juga kita membawa ke dukun, orang pintar, atau bahasa halusnya sekarang dipergunakana istilah pengobatan alternatif? Hati-hati saudara, Tuhan tidak ingin dan tidak mau saudara mencampur-aduk iman kepada kesembuhan-kesembuhan  yang bertentangan dengan kehendakNya.Saudara harus boleh memilih dan memilah apakah yang saudara lakukan masih sesuai dengan kehendak Tuhan atau tidak? Dan jangan menjadikan Tuhan menjadi altertnatif terakhir, tetapi Dia harus dijadikan alternatif pertama dan utama.Bimbingan Roh Kudus dibutuhkan untuk hal ini.

Saudara… pagi-pagi benar, waktu masih gelap Yesus bangun dan pergi berdoa kepada BapaNya. Ia pergi ke tempat yang sunyi untuk berdoa. Hal yang perlu kita teladani untuk berdoa, berkomunikasi dengan Tuhan pada pagi hari, bersaat teduh meminta kekuatan dan pertolongan Tuhan sebelum kita melakukan aktivitas kita pada hari itu juga.Tetapi tidakkah kita sering lupa berdoa setelah kita bangun pagi hari atau mau tidur pada malam hari, dengan alasan berbagai hal termasuk karena kesibukan kita atau kemalasan kita.  Hubungan pribadi yang baik dengan Tuhan menentukan kesuksesan dalam hidup ini.Kesusksesan dalam artian luas dan dalam.Dalam hati dan hidup kita ada shalom baik dikala kita suka dan duka, baik dikala banyak tantangan yang menimpa kita, kita kuat di dalam Tuhan.

Saudara… Simon dan kawannya menyusul Yesus dan ketika menemukan Dia mereka berkata: Semua orang mencari Engkau. Tetapi jawab Yesus, marilah kita pergi ke tempat lain, ke kota-kota yang berdekatan, supaya di sana juga Aku memberitakan injil, karena untuk itulah Aku datang.Lalu pergilah mereka ke seluruh Galilea dan memberitakan injil dalam rumah-rumah ibadat dan mengusir setan. Saudara… Yesus melihat motivasi orang banyak mencari Yesus karena kesembuhan yang mereka terima, bukan sunggung-sungguh mengenal Yesus yang sesungguhnya sebagai mesias dan Allah yang berkuasa tidak hanya menyembuhkan aneka ragam penyakit dan mengusir setan tetapi jauh lebih daripada itu yakni memberikan kehidupan dan keselamatan kini dan masa yang akan datang. Karena itu datanglah kepada Yesus maka kamu akan memperoleh kesembuhan jasmani dan rohani dan menjadi manusia seutuhnya sehat jasmani dan rohani. Tuhan Yesus memberkati.